In Story Of My Life

Program Permagangan Bakti BCA 2015


Boo~Yaa girlss.
aku mau Share nih, pengalaman aku ikut Program Permagangan Bakti dari BCA.

        Progam ini sendiri adalah Program yang di adakan BCA untuk kalian yang berumur 18-24 tahun
dalam mencari pengalaman bekerja sebagai Customer Service Officer (CSO) dan Teller Magang di cabang Bca selama 1 Tahun.
       Program ini bener-bener menggiurkan dan bermanfaat banget,
karena selain kamu bakal di  dapat kemampuan ketika Training selama Satu Tahun (11,5 bulan), kamu juga bakal dapat gaji setiap bulannya 2,8 juta , itu juga belum di tambah dengan uang tambahan lainnya.
dan yang lebih menarik adalah jika kamu berhasil menyelesaikan 1 tahun kerja magang di BCA kamu juga bakal dapat beasiswa sebesar yang benar-benar besar banget yaitu 12 juta dan Sertifikat dari BCA
jadi kalo di total kamu dapat gaji lebih dari 45.600.000 lebih dalam satu tahun pertama.
dan jika kamu melanjutkan ke tahun kedua sampai ketiga, gaji kamu bakal terus meningkat.




Bagaimana cara untuk mendaftar ?
       Untuk kamu yang mau daftar untuk ikutan Permagangan Bakti BCA ini kamu dapat langsung ke Website resmi BCA www.bca.co.id dan pilih Karir. atau kamu bisa langsung klik di sini > Click here .

Apa Syaratnya ?

  • Warga Negara Indonesia
  • Pria / Wanita berpenampilan menarik 
  • Lulusan SMA / SMK (nilai rata-rata rapor semester 5 & 6 min. 7,0) 
  • D1 - D3 hingga S1 (IPK min. 2,50) 
  • Usia 18 s/d 25 tahun 
  • Sehat jasmani dan rohani 
  • Ramah dan mampu berkomunikasi dengan baik 
  • Tidak pernah terlibat Narkoba dan pelanggaran hukum lainnya 
  • Bersedia ditempatkan di seluruh cabang BCA di wilayah kota seleksi 
  • Lulus seleksi
  • Bersedia tidak menikah selama proses magang 
Tahap Seleksi 


Seleski administrasi > Interview > Test Psikotest > test kesehatan 


Pengalamanku mengikuti Seleksi Program Permagangan Bakti


Aku mendaftar Permagangan bakti ini Sekitar bulan Mei 2015 setelah aku melihat-lihat website BCA. karena aku baru lulus juga Tahun ini dan masih menunggu Ijazah keluar aku pikir tidak ada salah untuk mencoba ikut.

lalu pada tanggal 17 juni sekitar pukul 20:00 WIB aku menerima email dari BCA yang berisi seperti ini;


Sejujurnya agak terkejut karena tidak menyangka bakal di lulus seleksi adminstrasi juga. akhirnya setelah membaca email tersebut dan membalas email untuk konfirmasi HADIR.
akupun menyiapkan hal yang di perlukan ; 
  1. Pensil HB 
  2. fotokopi KTP dan KTP Asli 
  3. Pass Foto ukuran 4x6.
Pada tanggal 17 setelah tidak bisa tidur karena deg-deg-an , bisa di bilang ini adalah lamaran kerja pertama aku yang resmi, jadi agak deg-degan banget.

aku berangkat menuju JDC dengan mengenakan Rok Hitam kerja, kemeja putih  dan sepatu pantofel berhak 4cm dengan rambut di ikat rapi. 
Sesuai beberapa artikel yang aku baca sehari sebelum tanggal 17 mengenai program BCA ini, adalah sangatlah penting untuk mengenakan pakaian sopan. 

Setelah tiba di tempat seleksi, aku langsung mencari namaku pada daftar, menanda tangani daftar hadir dan mengingat nomor pendaftaranku, karena kita akan di panggil dengan nomor itu jadi harus di inget.

lalu aku duduk menunggu sampai nama aku di panggil untuk masuk keruangan besar cukup lama menunggu, sekitar 1 jam lebih baru nama aku di panggil.

Perlu di ketahui jika seleksi ini adalah seleksi sistem gugur, jadi jika kamu gagal seleksi kamu akan langsung di suruh pulang, itu menjelaskan kenapa ketika aku menunggu aku melihat banyak orang yang sudah di panggil keluar lagi dengan wajah tidak bisa di tebak.

setelah aku di panggil masuk keruangan, aku masih harus menunggu untuk walk in interview. 
ada sekitar 6 meja dengan 1 orang di tiap meja itu yang akan interview-in para kandidat yang di panggil nomornya oleh mereka.

aku menunggu lagi sekitar 1 jam, sampai nama aku di panggil. lalu wanita yang menginterview aku menjabat tanganku dan meminta aku untuk duduk dan menyerahkan KTP Asli.

Pada tahap walk in interview ini.
kita kemungkinan akan di tanya ; 
  1. Apa kekurangan dan kelebihan kamu
  2. Apa ketika sekolah aktif dalam kegiatan sekolah (Osis. dll)
  3. Apa pernah mendapat rangking. 
  4. masuk Jurusan apa dan Berapa nilai rata-rata Akuntasi (jika IPS)
  5. Apa masalah terbesar yang pernah kamu selesaikan.
lalu jika kamu lewat atau berhasil dalam seleksi ini kamu akan mendapatkan kertas mengenai biodata yang harus di isi. 
pada tahap ini dari 300 orang hanya berhasil sekitar 60 orang,

Tahap Test Psikotest pertama.
kamu yang udah melewati tahap interview kamu akan duduk sesuai denah yang di berikan untuk mengikuti test psikotest.
test psikotest ini di bagi menjadi 2 tahap masih dengan sistem gugur.

Pada test psikotest pertama akan di bagikan 1 buku dan 1 lembar lembar kerja komputer (LJK)
pada buku itu di bagi menjadi 4 bagian.

bagian pertama mengenai menjodohkan kata-kata
Jadi akan ada 4 pilihan dalam pilihan tersebut kamu di minta untuk mencari yang 2 kata 
yang kata-katanya berlawanan atau bersinonim

contohnya :
a. pergi    b. mencari    c. pulang   d. membawa

jawabannya ada A dan C

lalu bagian kedua adalah

Soal cerita matematika tentang pertambahan, pengurangan, pembagian dan pecahan:

contohnya : 
Setiap bulannya gaji pak andi tanpa lembur 5 juta,
pada bulan ini pak andi melembur 11 jam, jika setiap jam lembur, pak andi menerima 250rb berapa kah gaji pak andi bulan ini?

a. 8.000.000
b. 5.600.000
c. 7.750.000
d. t.a

jawabannya : C.
**** t.a : tidak ada.

Bagian ketiga tentang bangun ruang 
seperti ini :
jadi kita di minta untuk membayangkan akan jadi seperti apa jika gambar bagian kiri di lipatkan.

bagian ke empat adalah mengenai nomor seri
jadi akan ada nomor seri di bagian kiri dan kanan
dan kita di minta untuk melihat apakah bagian kiri sama apa tidak.

jika sama maka kita melingkarkan A 
jika tidak sama kita melingkarkan B

Contoh :

AZTB -- AZTB            = sama (a)
AXC5667 - AXC5687 = tidak sama (B)

jika kita di minta untuk teliti dalam melihat nomor seri.

nah setelah test psikotest pada buku ini selesai
maka kita akan di bagikan satu lembar kertas berukuran koran yang berisi angka
test ini bernama pauli /kraepelin test
dan kita di minta menghitung setiap angka pada baris-beris tersebut
seperti ini
cara mengerjakan seperti ini 
 
jika hasil yang kita hitung puluhan, kita hanya di minta menuliskan angka belakangnya (jika contohnya 10 maka tulis 0)
dalam tahap ini kita di minta untuk menghitung dengan cepat, teliti dan jujur. 
akan ada instruksi garis. jika di minta garis maka kita harus menggaris di bawah bagian yang sedang kita hitung.

-----------------------
setelah selesai tahap psikotest pertama kita akan di minta untuk keluar. aku kembali menuggu lagi sekitar 15 menit sebelum seorang panitia keluar dan menempelkan kertas di pada papan.
panitia itu juga bilang; "yang namanya di tulis segera masuk untuk ikut test psikotest kedua"

dan aku seneng banget karena nama aku tertulis pada kertas itu.
pada tahap ini dari 60 orang hanya berhasil 31 orang.
-----------------------

setelah itu aku masuk dan duduk lagi sesuai denah baru yang di berikan.
pada tahap ini kita akan di berikan 
test kepribadian yang di sebut wategg test,

kita akan di berikan 2 kertas, satu kertas berisi kotak2
seperti ini; 
pada kertas ini kita di minta untuk melanjutkan coretan pada kotak2 itu menjadi gambar yang bermakna. lalu kita berikan angka untuk setiap gambar yang kita gambar duluan,

lalu setelah selesai gambar kita di minta untuk menuliskan di bawah kotak-kotak.
apa judul tiap kotak sesuai urutan yang kita buat dan kitapilih dari 8 kotak itu 
mana yang mudah (m) yang sulit (s), mana yang kita suka (+) dan yang tidak kita suka (-)

setelah wategg test, kita mengambar orang full body pada kertas kedua.
setelah mengambar kita tuliskan di belakang gambar.
  1. jenis kelamin
  2. cita-cita
  3. apa yang sedah di lakukan 
  4. kelebihan dan kekurangan

oh yah, dalam tahap test ini kita dilarang menggunakan penghapus dan alat bantu lainnya
jadi jangan curang.

selagi kita menggambar nama dan nomor kita akan di panggil untuk mengikuti wawancara kedua.
dalam wawancara ini kita di minta untuk mengenalkan diri (nama, umur, ttl, alamat) dan motivasi.
pada tahap ini aku gagal karena aku tidak bisa menjawab alasan "BCA harus memiliki aku" 
jadi kelancaran dan kepercayaan diri sangat penting dalam tahap ini.


dan setelah test psikotest kedua dan wawancara.
kita di minta keluar dan menunggu 15 menit.

setelah 15 menit panitia akan keluar dan nempelkan nama yang lolos.
dan aku bener-bener sedih banget karena nama aku tidak ada di dalam kertas itu,
bener-bener kecewa tapi ini pelajaran untuk aku lebih mampu lagi :)

tips dam trick 
  • kita harus berpakaian sopan rapi, rambut tidak usah di gerai juga tidak masalah karena yang terpenting itu adalah kesopanan dan ramahan.
  • posisi duduk juga mempengaruhi penilaian panitia apakah kita akan lulus seleksi atau tidak
  • kelancaran dan kepercayan diri sangat penting tapi jangan percaya diri belebihan karena malah akan tidak lolos.
  • tidak usah membanggakan diri, yang penting sederhana dan jujur
  • jangan terlalu menjelekand diri sendiri meski harus jujur.
  • aturi semua peratura jangan curang!
  • tidak perlu cantik atau tinggi  yang penting otaknya pinter dan mampu bekerja.,




Related Articles

Back to Top